Tips Kesehatan

8 Jenis Makanan Terbaik untuk Radang Sendi

Dari beberapa faktor penyebab mulnculnya peradangan pada persendian, makanan merupakan salah satu faktor yang dialami banyak orang. Misalnya saja radang sendi yang disebabkan oleh karena faktor berat badan berlebih atau juga kadar asam urat berlebih yang ddisebabkan oleh faktor konsumsi makanan tertentu yang mengakibatkan meningkatnya zat purin. Walaupun sebagian faktor penyebab radang sendi disebabkan oleh karena mengkonsumsi makanan tertentu, namun para peneliti juga menemukan berbagai jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita radang sendi.

Apa saja makanan yang baik untuk radang sendi tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

  1. Aneka jenis makanan yang memiliki kandungan Omega 3

Omega 3 merupakan zat yang terkandung di dalam makanan dan memiliki efek anti peradangan alami, kandungan Omega 3 ini dapat anda peroleh dari beberapa makanan berikut ini.

  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Ikan kembung
  • Ikan kakap
  • Ikan tongkol
  • Kacang kedelai
  • Tahu
  • Tempe
  • Edamame
  1. Aneka jenis makanan yang mengandung vitamin D dan Kalsium

Vitamin D dan Kalsium merupakan nutrisi yang mampu berperan penting dalam memperkuat tulang dan juga membantu meningkatkan sistem imun. Kandungan nutrisi tersebut dapat kita peroleh dari beberapa makanan berikut ini.

  • Susu sapi murni dan aneka jenis produk olahan dari susu sapi
  • Aneka ragam sayuran hijau
  1. Bawang

Bawang tidak hanya dapat kita jadikan sebagai bahan bumbu masakan seperti bawang merah, bawang putih dan juga bawang bombay, tetapi juga memiliki banyak khasiat yang salah satunya dapat berkhasiat untuk mengatasi radang sendi. Hal ini dikarenakan, bawang memiliki kandungan Diallyl Disulphine yang dapat berperan dalam menghambat aktivitas enzim yang dapat merusak tulang rawan. Bawang

  1. Aneka kacang-kacangan

Memiliki berat badan berlebih memang dapat memicu radang sendi, sehingga dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dapat membantu menurunkan dan menstabilkan berat badan anda. Hal ini dikarenakan, kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti kalsium, magnesium, seng, protein, vitamin E dan Alpha linoleic acid (ALA) yang dapat membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

  1. Aneka buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penerita radang sendi, diantaranya yaitu :

  • Delima

Mengkonsumsi buah delima sangat bermanfaat untuk menjaga tulang rawan dari kerusakan, ini dikarenakan delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan memiliki efek anti-peradangan.

  • Nanas

Nanas merupakan jenis buah-buahan yang memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada sendi.

  • Buah sitrus

Kandungan vitamin C dapat membantu anda dalam melakukan pencegahan pada peradangan sendi, vitamin C ini dapat diperoleh dari aneka jenis buah seperti jeruk, jeruk bali dan lemon.

  • Buah ceri dan beri

Buah seperti ceri, strawberry, blueberry dan juga blackberry memiliki kandungan anthocyanin yang mampu memberikan efek anti peradangan.

  1. Teh hijau

Teh hijau sangat berkhasiat untuk mengurangi peradangan pada sendi dan juga dapat membantu memperlambat kerusakan pada tulang rawan, ini dikarenakan di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan polifenol. Selain itu, teh hijau juga memiliki zat antioksidan EGCG (epigallocatechin-3-gallate) yang dapat bermanfaat untuk memperlambat proses pembentukan molekul yang merupakan penyebab pada kerusakan sendi dan juga pemicu rheumatoid arthritis.

  1. Minyak zaitun

Kandungan oleocanthal pada minyak zaitun memiliki efek yang sama dengan obat anti-radang non steroid.

  1. Aneka bumbu rempah

Bahan bumbu rempah seperti jahe dan kunyit memiliki kandungan kurkumin yang sangat berkhasiat yang mampu menghambat enzim dan juga protein yang dapat memicu peradangan pada persendian. Selain itu, zat euganol yang memiliki sifat anti-radang juga dapat anda temukan pada cengkeh. Namun untuk mendapatkan hasil dan khasiat yang baik, sebaiknya anda tidak berlebihan dalam menggoreng atau membakar rempah-rempah tersebut.

Itulah beberapa makanan terbaik untuk radang sendi, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Referensi terkait:

http://manfaat.co/penyakit-asam-urat.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s