Tips Kesehatan

Makanan Yang Penting Untuk Dikonsumsi Bagi Kesehatan

Menjalankan program diet seimbang haruslah menjadi sebuah prioritas utama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan memiliki tubuh ideal. Dengan mengkonsumsi aneka jenis makanan sehat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh anda baik nutrisi makro ataupun mikro.

Maksud dari nutrisi mikro yaitu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, lemak dan juga protein. Sedangkan nutrisi mikro yaitu seperti vitamin dan juga mineral.

Dari sekian banyak jenis makanan yang ada di dunia, terdapat beberapa jenis makanan yang tidak boleh sampai anda lewatkan untuk dikonsumsi setiap harinya, karena beberapa makanan ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita.

makanan dietApa saja makanan tersebut? Simak informasinya berikut ini.

  1. Buah apel

Buah apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, baik itu serat larut ataupun tidak larut. Salah satu jenis serat larut yang memiliki fungsi sangat penting yaitu pectin. Pectin ini memiliki khasiat yang dapat membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh,selain itu kulit apel pun memiliki kandungan antioksidan tinggi dan juga anti-radang.

  1. Buah pisang

Pisang ternyata memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dan berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan fungsi otot. Pisag juga memiliki kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

  1. Brokoli

Makanan tinggi serat lainnya yaitu brokoli, brokoli ini memiliki kandungan senyawa anti-kanker dan juga anti-radang yang sangat baik untuk mencegah kanker dan peradangan.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi seperti vitamin, kalsium, zat besi dan masih banyak lagi yang lainnya. selain itu, kandungan asam folatnya dapat membantu proses pembentukan sel darah merah dan juga mencegah cacat pada janin pada masa kehamilan.

  1. Ubi

Ubi merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah dan juga mencegah stroke, sedangkan kulitnya sangat baik untuk pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi.

  1. Kacang merah

Kacang merah juga jangan anda anggap sepela, karena kacang-kacangan jenis ini memiliki kandungan kalium dan juga magnesium yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kacang merah kaya akan serat, antioksidan, protein dan juga zat besi.

  1. Terong

Terong sangat baik untuk kita konsumsi karena memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin B yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A. C dan juga K. selain itu, tomat juga mengandung antioksidan likopen yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain dari beberapa makanan diatas, anda juga jangan sampai melupakan beberapa jenis makanan lain yang sangat dianjurkan untuk anda konsumsi seperti daging tanpa lemak, susu rendah lemak dan daging dada ayam. Beberapa jenis makanan tersebut dapat menyeimbangkan kebutuhan nutrisi tubuh anda.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi diatas dapat bemanfaat dan sampai jumpa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s