Tips Kesehatan

Cuci Tangan, Cara Mudah Cegah Ebola

Artikel selanjutkan akan membahas mengenai kesehatan tentang cuci tangan, cara mudah cegah ebola. Ebola, jenis penyakit yang sekarang ini menjadi wabah yang sangat mematikan di dunia, ternyata wabah ebola bisa dicegah dengan cara sederhana yakni dengan mencuci tangan. Jenis penyakit ini ternyata sangat mudah sekali dalam penyebarannya bahkan lewat sentuhan. Dari sebuah sumber yang di lansir oleh World health Organization baru baru ini menerangkan bahwa virus ebola bersumber dari binatang binatang yang terinfksi seperti monyet, kelelawar buah, gorila, simpase dll. Virus tersebut kemudian perpindah tempat yaitu antara manusia melalui kontak secara langsung antara kulit yang dalam keadaan terluka ataupun membran mukosa dengan suatu cairan tubuh yang berupa seperti darah, organ-organ, hasil sekresi ataupun cairan tubuh yang lainnya serta kontak langsung melalui benda yang terinfeksi cairan tersebut (co: selimut dan tempat tidur).

good  bye ebola
image source: bbc

Untuk mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut antar manusia, biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun sesudah dan sebelum melakukan aktivitas apa pun. Hal tersebut di lakukan sebagai langkah atau cara mudah dalam melindungi diri serta lingkungan sekitartempat tinggal anda. Menurut seorang dokter yang bernama Dr. Layla McCay yang merangkat sebagai direktur sekreatiat berasal dari Global Public Private Partnership for Handwashing menjabarkan, “perlindangan dapat dilakukan yaitu dengan cara atau langkah mencuci kuman pencetus infeksi pada tangan anda, sebelum mikroorganisme tersebut menular atau menginfeksi serta menyebtuh benda secara tidak sadar yang bisa membantu dalam penyebaran kuman tersebut pada orang lain”. Apakah anda sudah mencuci tangan dengan tepat? Dan bagaimana caranya mencuci tangan dnegan tepat tersebut?

Menurut salah satu dokter yang bernama Dr. Mccay memaparkan cara mencuci tangan yang tepat yaitu dengan membasahi tangan dengan air, lalu cuci tangan dengan menggunakan sabun selama 20 detik kemudian bilas dengan menggunakan air yang mengalir atau dengan menggunakan larutan klorin 0,05% lakukan hal tersebut sampai benar benar bersih sempurna terakhir jangan lupa keringkan. Bahkan UNECEF menganjurkan untuk mencuci tangan dengan menggunakan larutan cairan klorin, sesudah mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Hal yang penting untuk diingat yaitu bahwa virus tersebut mempunyai partikel dengan ukuran yang sangat kecil, sehingga tidak terlihat dengan kasat mata. Fakta tersebut semakin mendukung aktivitas untuk melakukan kegiatan mencuci atau membasuh tangan sesudah melakukan berbagai kegiatan apa pun bisa memperkecil kemungkinan terjangkitnya virus yang berbahaya.

Lakukan dan tingkatnya intensitas mencuci tangan dengan menggunakan sabun, tidak hanya atau ketika terlihat / terasa kotor. karena kegitan sederhana seperti memegang handphoe, mengetik da memegang uang memiliki potensi untuk menularkan kuman penyakit antar manusia. Langkah sederhana diatas bila diabiaskan bisa menjadi perlindungan pertama akan berbahayanya penyakit salah satunya penyakit ebola. Walaupun ebola belum sampai dan mewabah di indonesia, namun anda harus tetap waspada dan awas. WHO telah menetapkan bahwa wabah ebola merupakan suatu keadaan darurat internasional. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati !!!!

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s